Keunggulan BBM Group dibanding Aplikasi Messenger Lain

Aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) berdasarkan artikel situs Merdeka yang dapat dibaca pada tautan berikut sudah digunakan oleh 315 juta pengguna di seluruh dunia, dan 55 juta pengguna hanya di Indonesia saja. Ini bukan jumlah yang sedikit. Bahkan pihak BlackBerry (dulu bernama RIM) secara khusus menghadirkan produk Z3 dengan sebutan Jakarta. Berita dapat dibaca pada tautan berikut.

Aplikasi BBM ini berhasil mencetak brand positioning yang amat melekat bagi pengguna smartphone BlackBerry di Indonesia, sehingga mengundang produsen ponsel yang tidak dikenal sebelumnya  untuk untuk menghasilkan produk yang mirip dengan smartphone BlackBerry walau tidak terpasang aplikasi BBM namun dipasang aplikasi lain yang memiliki fitur yang juga hampir sama dengan aplikasi BBM. Yaitu aplikasi penyampai pesan yang tidak perlu khawatir dengan berkurangnya pulsa.

Sekian lama penggunaan aplikasi BBM dan aplikasi lain seperti WhatsApp (WA) dan Telegram, saya berkesimpulan bahwa aplikasi BBM adalah aplikasi yang terbaik untuk jenis Messenger, khususnya untuk percakapan grup atau kelompok. Aplikasi BBM yang dulu hanya terpasang pada smartphone BlackBerry sejak awal pemunculannya ditujukan hanya untuk kalangan pebisnis. Apa yang dibutuhkan untuk kalangan pebisnis untuk aplikasi percakapan instant berhasil diwujudkan oleh BlackBerry.

Sampai saat ini yang saya temukan, hanya aplikasi BBM yang melakukan pemisahan ruang pada grup, yaitu ruang untuk percakapan umum (general discussion), gambar (pictures), peristiwa (events), daftar (list). Di sinilah letak keunggulan aplikasi BBM yang saya sukai. Dengan adanya pemisahan ruang seperti ini diharapkan percakapan fokus pada ruang masing-masing.

Bagaimana dengan aplikasi lain? Jelas tidak ada pemisahan ruang seperti aplikasi BBM sehingga percakapan akan sangat padat (crowded)  di satu ruang. Kita tidak bisa fokus berbicara pada satu gambar misalnya, dan akan tercampur dengan percakapan lain. Dengan begitu akan menimbulkan sifat malas membaca pesan yang sudah masuk sebelumnya dan berpotensi mengulang pertanyaan yang sama.
Berikut keunggulan aplikasi BBM :

  1. Tersedianya ruang yang dapat disesuaikan dengan peruntukannya yaitu diskusi umum, kalendar, gambar, daftar;
  2. Aplikasi yang aman. Jika ingin menggunakan pengaturan sendiri, kita bisa berlangganan BlackBerry Enterprise Service (BES) yang dapat dibaca pada tautan berikut;
  3. Dapat melakukan interaksi panggilan video (video call) tanpa batasan operating system apakah iOS-BlackBerry-Android sebagaimana dapat dibaca pada tautan berikut;
  4. Dapat melakukan edit pesan, menarik pesan (batal kirim pesan), pesan yang berbatas waktu (seperti film Mission Impossible), membagi lokasi kita pada rekan atau kolega (share location), meminta gambar dengan kualitas high definition (HD) atau sesuai file aslinya sebagaimana dapat dibaca pada tautan berikut;
  5. Dapat dengan mudah memindahkan BBID pada beragam perangkat smartphone diikuti dengan kemudahan pemindahan data kontak dan stiker yang telah dipasang atau dibeli.

Demikian semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

  1. Lindungi BBID Anda;
  2. Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli;
  3. Sudah Saatnya Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Menyediakan Aplikasi Harga Pangan;
  4. Penanganan Akun E-mail Yang Digunakan Pihak Yang Tidak Bertanggung Jawab.

7 thoughts on “Keunggulan BBM Group dibanding Aplikasi Messenger Lain

  1. adinoto

    BBM is dying platform…. keputusan EMTEK untuk membeli/license BBM chat senilai 6 Trilyun rupiah adalah keputusan bisnis yang salah IMHO. The best technology not always win the market. It’s about marketshare and mindshare.

    Next chat platform adalah Whatsapp dan nanti pelan-pelan juga orang akan pindah ke Telegram, apalagi kalo Facebook selaku owner Whatsapp ga cepat-cepat bikin Whatsapp sekelas Telegram.

    Technological speaking Telegram menarik karena chat apps nya independent, tidak two-ways back-and-forth yang masih membutuhkan HP seperti Whatsapp.

    Kita liat saja iterasinya 10 tahun ke depan. Technology rarely made 10 years if not insanely great.

    Reply
    1. bang berly Post author

      Memang sayang BlackBerry belum membuat aplikasi yang independen seperti Telegram.
      Termasuk belum tersedianya pemilihan iklan yang dapat disesuaikan sesuai pilihan pengguna, dimana iklan tersebut muncul pada feed atau umpan, bahkan sudah masuk ke bagian Chats.

      Reply
  2. Pingback: Mencoba Mi Headphone 3 (Piston 3.0) | bang berly

  3. Pingback: Upgrade OS Lollipop Pada Asus Zenfone 5? Menyebalkan! | bang berly

  4. Pingback: Tantangan Mencari Earphone Yang Tepat Untuk ZenFone 5 | bang berly

  5. Pingback: Tantangan Upgrade OS Asus ZenFone 5 | bang berly

  6. Pingback: Velg Alcoa Yang Ringan dan Tangguh | bang berly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s