Tips Memilih Smartphone Android Secara Cepat

Banyak smartphone ber-OS Android yang hadir di pasar. Hal ini menguntungkan pembeli atas keanekaragaman tersebut khususnya jika dikaitkan dengan urusan kantong.

Tapi tidak jarang justru pembeli dipusingkan dengan merek dan spesifikasi yang terkesan “luar biasa” walau smartphone tersebut merupakan pendatang baru  dan tidak jelas untuk urusan purna jual alias after sales service.

Supaya tidak merasa dirugikan setelah membeli, saya pribadi memiliki tips yang hendak dibagi sebagaimana berikut :

  1. Sensor kompas. Fungsi kompas yang dihadirkan pada smartphone amat sangat penting bagi saya dan menjadi tolok ukur pertama dalam memilih smartphone yang hendak dibeli. Apapun mereknya dan tidak perduli mahalnya smartphone jika tidak memiliki sensor kompas maka sudah pasti tidak saya pilih. Lebih baik membeli dengan harga yang terjangkau tapi sudah memiliki fitur kompas;
  2. Ukuran layar. Ukuran layar terbaik bagi saya adalah minimal 4″, maksimum 5″. Hal ini didasarkan ukuran ideal smartphone jika dimasukkan ke kantong kemeja atau kantong celana jika hendak sholat dan lain-lain;
  3. Operating System. Kebanyakan smartphone ber-OS Android tidak diberikan layanan upgrade oleh produsennya kecuali seri Nexus dan smartphone dengan kategori flagship (unggulan). Jadi lebih baik jika memilih produk yang sudah terpasang OS terbaru. Pada saat tulisan ini dibuat, OS Lollipop bisa menjadi pilihan selain versi Marshmallow dan lain-lain.

Mengapa fitur kompas menjadi urutan pertama? Karena ini terkait dengan fungsi pencari arah mata angin untuk menentukan arah kiblat. Walau mungkin untuk pencarian tersebut tidak selalu kita lakukan jika ibadah sholat selalu dilakukan di masjid atau mushola yang sudah dipastikan arahnya. Tapi lain hal jika dalam perjalanan dan tidak tahu arah kiblat. Di sini fungsi kompas berperan penting.

Selain urusan pencarian arah kiblat, fungsi kompas terkait dengan kemampuan pengambilan foto panorama. Saya pernah memiliki Lenovo S890 yang tidak memiliki fitur kompas dan tidak pernah bisa melakukan pengambilan foto dengan teknik panorama walau sudah menggunakan aplikasi khusus foto panorama. Jelas ini kondisi yang tidak mengenakkan bagi pemburu gambar dengan beragam teknik pengambilan.

Fitur kompas menurut pengalaman saya adalah terkait dengan aplikasi Google Street View. Jika ingin dapat menggunakan aplikasi dari Google tersebut maka fitur kompas harus dimiliki pada smartphone kita.

Lalu fitur atau sensor apa saja yang (bisa) tersedia pada smartphone ber-OS Android? Silakan baca pada situs berikut  http://dito.blog.uns.ac.id/2014/09/15/berbagai-sensor-yang-dibenamkan-pada-perangkat-android/ dan http://www.ilmu-android.com/2015/01/berbagai-macam-sensor-pada-android-dan.html.

Demikian semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Tips Memilih Smartphone Android Secara Cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s