OS X Rakus RAM?

Sebelum menyinggung masalah OS X yang rakus RAM saya akan menulis masalah spesifikasi komputer secara umum.

Sudah pernah merangkai komputer atau PC dengan spesifikasi sendiri alias komputer jangkrik? Atau membeli komputer bermerek dengan spesifikasi pesanan seperti halnya Apple dan HP?

Apa yang menjadi pertimbangan kita? Kebutuhan perkantoran biasa atau edisi game? Tentunya faktor dana juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah penting.

Kalau ingin memperoleh komputer idaman dengan kinerja yang memuaskan pilihan terbaik menurut saya adalah spesifikasi yang direkomendasikan oleh game masa kini. Hilangkan pikiran harga yang akan cepat jatuh karena perkembangan teknologi yang pesat. Itu risiko. Fokuskan bahwa pada saat Anda membeli karena Anda butuh. Titik.

Seperti apa spesifikasi yang direkomendasikan itu? Sebagai contoh adalah Game Tom Clancy Division pada tautan ini.

Atau silakan baca rinciannya sebagai berikut :

Recommended Requirements
  • Supported OS : Windows® 7, Windows 8.1, Windows 10 (Hanya versi 64-bit saja)
  • Processor : Intel Core i7-3770 | AMD FX-8350, atau lebih tinggi.
  • RAM : 8GB
  • Video Card : NVIDIA GeForce GTX 970 | AMD Radeon R9 290, atau lebih tinggi
  • DirectX : Version 11
  • Hard Drive Space : 40 GB available space.
  • Optical Drive : DVD-ROM Dual Layer.
  • Peripherals Supported : Windows-compatible keyboard, mouse, headset, optional controller.
  • Multiplayer : Broadband connection with 512 kbps upstream, or faster.

Teknologi komputer berkembang sangat cepat. Keuntungan yang bisa dirasakan bila kita membeli atau merangkai komputer dengan spesifikasi tertinggi adalah komputer tersebut masih bisa digunakan untuk game kategori berat hingga beberapa tahun ke depan (1-3 tahun?). Setidaknya bisa digunakan untuk kategori game medium untuk masa pakai lebih lama lagi.

Untuk penggunaan perkantoran seperti aplikasi Microsoft Office 2010-2016? Wah itu bisa lebih lama lagi masa pakainya. Pengalaman saya menggunakan Office 2010, hanya dengan prosesor Intel 3,4Ghz dan RAM hanya 4 GB, pekerjaan menggunakan Excel yang multi link dan multi file yang besarnya mencapai 100MB bisa diproses dengan cepat. Pengerjaan tersebut saya lakukan pada Windows 7 platform x86_64 bit. Tapi dalam pengerjaan pada laptop dengan prosesor 2,4 Ghz dan RAM 4 GB, OS platform 64 bit, file tersebut tidak dapat saya kerjakan dengan baik, Bahkan hang alias crash.

Seperti telah saya singgung di atas, hanya dengan prosesor Intel atau AMD dengan clock speed 3,4 Ghz dan RAM 4 GB, sudah bisa memenuhi kebutuhan perkantoran yang hanya mengandalkan aplikasi Microsoft Office 2010-2016. Tentunya saya pikir spesifikasi ini bisa di terapkan kebanyakan para pengguna komputer.

Sekarang saya singgung masalah OS X yang rakus RAM.

MacBook Pro yang saya gunakan adalah produksi pertengahan tahun 2010 dengan prosesor Intel Core2Duo 2,4Ghz, dan RAM 4 GB, OS saat ini yang digunakan adalah Yosemite. Jika dibandingkan dengan laptop yang ber-OS Microsoft Windows, MacBook Pro saya bisa dikategorikan level menengah ke atas. Tapi bagaimana dengan kinerja yang dijanjikan oleh Apple?

MacBook Pro dengan spesifikasi di atas sangat tidak direkomendasikan untuk game kategori menengah seperti Need For Speed yang sudah diberikan Apple (bundling) pada saat pembelian. Bunyi kipas terdengar keras, dan prosesor bekerja teramat keras. Sekalipun saya bisa memainkan game Need For Speed tapi dengan kondisi tersebut membuat saya tidak bisa berlama-lama main. Khawatir overheat lalu tewas!

Lalu dimana letak rakus RAM-nya?

Silakan lihat gambar berikut. Compressed Memory

Aplikasi yang aktif hanya 3 (tiga), yaitu Telegram, App Store, Google Drive, dan koneksi internet melalui modem.

RAM terpakai 2,44GB dan sudah dilakukan compressed memory sebesar 354,5MB, swap used sebesar 56MB.

Padahal itu belum saya aktifkan aplikasi yang biasa digunakan seperti Microsoft Office 2016 atau LibreOffice, Firefox dan Safari untuk browsing, iTunes untuk mendengarkan musik serta menonton video, Adobe PDF Reader jika ingin membaca file pdf, VLC jika ingin menyaksikan video dengan pengalaman terbaik, dan aplikasi lainnya.

Fitur Compressed Memory pertama kali diperkenalkan Apple pada Versi Mavericks di tahun 2013. Artikel lebih jelas dapat dibaca pada artikel MakeMac. Pada Ubuntu fitur tersebut dapat diaktifkan dengan aplikasi zRAM sebagaimana ditulis pada blog appbuntu.

Saya juga menggunakan hackintosh dengan RAM 8GB dengan OS Mavericks selain MacBook Pro. Dengan penggunaan aplikasi yang sering saya gunakan seperti di atas, RAM terpakai bisa sebesar 6GB dari 8GB yang ada. Sekalipun sisa RAM fisik sebesar 2GB dan belum dilakukan compressed memory serta swap (virtual memory), tapi jika diperhatikan besaran RAM yang digunakan untuk aplikasi biasa-biasa saja dan bukan aplikasi game berat, sepertinya OS X ini rakus RAM.

Jika dibandingkan spesifikasi tinggi untuk aplikasi game berat di atas yang membutuhkan RAM sebesar 8GB dan hardware yang benar-benar mumpuni, konsumsi RAM OS X Yosemite yang ditampilkan pada gambar di atas untuk menjalankan aplikasi bukan kategori game berat, OS produk Apple ini tidak efisien.

Apakah ada rekan pembaca yang lebih memahami masalah ini sehingga dapat kita ambil kesimpulan bahwa OS X rakus RAM?

Demikian, semoga bermanfaat.

6 thoughts on “OS X Rakus RAM?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s