Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli

Sebulan lalu teman kantor saya membeli iPhone 4 warna putih dalam kondisi bekas pakai (second) dari temannya. Berdasarkan keterangan dari si penjual iPhone sebelum dimiliki oleh temannya teman saya, iPhone tersebut dalam kondisi baru alias brand-new-in-the-box.

Seperti biasa kalau kita membeli barang bekas pakai, dan teknik untuk memperoleh harga terbaik dari barang bekas yang ditawarkan, melakukan cek fisik iPhone tersebut, cek serial number (bukan IMEI), cek software (iOS), dan iCloud. Dan tulisan kali ini menitikberatkan pada serial number iPhone.

Pada cek fisik, software, dan iCloud, iPhone 4 bekas pakai tersebut untuk saya telah lulus uji. Alias tidak ada masalah. Khususnya pada iCloud yang tidak pernah digunakan oleh pemilik sebelumnya. Clear!

Tapi begitu memeriksa serial number, baru di sinilah ditemukan masalah serius. iPhone 4 tersebut adalah barang bekas yang direkondisi. Darimana saya mengetahuinya? Silakan baca link resmi Apple tentang serial number dan IMEI pada link berikut https://support.apple.com/id-id/HT204073.

Pada serial number yang tertera pada dus info yang disajikan cocok dengan kondisi fisik yang kasat mata yaitu iPhone 4 berwarna putih. Pengecekan serial number saya lakukan pada situs apple yaitu https://checkcoverage.apple.com/id/in/;jsessionid=JTnWW1XH2KTv2fv3G4ltpJVq80Fy8085B0Gsypx0F7wlnngdKpst!356974946 dan pengecekan dari situs https://imeidata.net/iphone/model-check.

Pengecekan serial number berdasarkan dus dan iTunes menghasilkan kondisi yang berbeda. Berdasarkan serial number yang ditampilkan iTunes ternyata untuk iPhone berwarna hitam dan penjualan untuk negara yang berbeda dengan negara pada serial number di dus.

Yang menjadi kendala dalam melakukan transaksi jual beli smartphone apapun merk-nya adalah pihak penjual tidak akan melakukan pemeriksaan fisik sebelum pihak pembeli melakukan pembayaran dengan alasan barang masih baru dan tersegel. Pihak penjual tidak mau mengambil risiko bila segel tersebut dibuka dan pada saat cek fisik pihak pembeli tidak jadi membeli. Jelas ini akan menjadi kerugian bagi penjual.

Tapi di satu sisi pihak pembeli seperti membeli kucing dalam karung. Apalagi pihak penjual tidak menyediakan dummy atau display yang bisa dioperasikan sehingga calon pembeli bisa merasakan user experience yang sebenarnya.

Pada pengalaman teman saya tersebut, untungnya dia tidak mempermasalahkan perbedaan tersebut karena setelah dilakukan pembuatan AppleID dan akun iCloud tidak ada masalah apapun yang muncul. Itu adalah pilihannya dan menjadi faktor kunci dalam negosiasi harga untuk memperoleh harga yang lebih rendah lagi.

Demikian, semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli

  1. Pingback: Keunggulan BBM Group dibanding Aplikasi Messenger Lain | bang berly

  2. Pingback: Upgrade OS Lollipop Pada Asus Zenfone 5? Menyebalkan! | bang berly

  3. Pingback: Tantangan Mencari Earphone Yang Tepat Untuk ZenFone 5 | bang berly

  4. Pingback: Tantangan Upgrade OS Asus ZenFone 5 | bang berly

  5. Pingback: Velg Alcoa Yang Ringan dan Tangguh | bang berly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s