Web Browser Android Ideal

imageSelama menggunakan smartphone ber-OS Android saya belum menemukan web browser ideal. Ideal dalam faktor tampilan (minimalis dan bersih), gegas dalam bekerja dan menampilkan situs dengan baik, mampu memblokir iklan yang sering muncul secara tiba-tiba, dan hemat dalam menggunakan kuota internet.

Akhirnya web browser ideal untuk OS Android saya temukan pada Maxthon.
Tampilan yang minimalis dan bersih layaknya Safari pada iOS sebenarnya sudah lama diterapkan oleh Maxthon.

image

Hanya saja atas beberapa pertimbangan, pada saat itu Maxthon belum menjadi pilihan utama saya. Apalagi sejak Maxthon mampu menampilkan tampilan seperti Safari atas tampilan seluruh tabulasi yang terbuka dan begitu mengalir dengan baik (fluid) layaknya buku atau kertas yang dibuka, sungguh membuat saya suka.
Lalu faktor kecepatan membuka suatu situs dan mampu menampilkan dengan baik sudah lama dapat dilakukan oleh Maxthon. Untuk desktop, Maxthon termasuk yang saya sering gunakan selain Mozilla Firefox. Hanya saja untuk platform mobile, memang ada beberapa catatan dimana tidak mampu menampilkan bagian komentar pada situs yang berakhiran blogspot.com. Bila hendak menampilkan bagian komentar dengan benar, maka kita bisa membukanya dengan web browser Chrome. Mozilla Firefox termasuk yang tidak bisa menampilkannya dengan benar.
Faktor ketiga adalah kemampuan memblokir iklan yang mengganggu. Dengan terintegrasinya add-on AdBlock Plus, jelas menambah keunggulan Maxthon dan membawanya sejajar dengan Firefox.
Add-on ABP menjadi andalan saya menggunakan Firefox platform desktop.
Yang terakhir adalah hemat menggunakan kuota. Akhirnya Maxthon dapat melakukannya dengan baik seperti pada web browser Opera Mini. Yaitu pada saat kita melakukan back atau kembali ke tampilan web sebelumnya, web browser tidak perlu melakukan refresh atau reload. Maka dengan cepat kita mampu membaca halaman sebelumnya dengan cepat dan tidak mengurangi kuota. Demikian juga bila kita melakukan forward. Maxthon tidak melakukan refresh, kecuali kita membuka halaman yang baru.

Demikian sedikit ulasan dari saya. Semoga bermanfaat.

One thought on “Web Browser Android Ideal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s