Upgrade OS Lollipop Pada Asus Zenfone 5? Menyebalkan!

Sudah merasakan Android Lollipop pada Asus ZenFone 5 milik Anda? Bagaimana kesan setelah menggunakannya? Wow atau Sucks?!

Kesan saya setelah melakukan upgrade OS ke versi Lollipop adalah merasakan keduanya. Wow dan Sucks!

Berikut saya sertakan tautan bagi rekan pembaca yang ingin melakukan upgrade secara offline alias tidak secara Over The Air (OTA).

Link Lollipop untuk seri WW klik di sini.

Link Lollipop untuk seri TW klik di sini.

Berdasarkan situs resmi Asus yang menyediakan upgrade OS Lollipop, memang baru disediakan untuk versi WW dan TW. Untuk versi lainnya belum tersedia. Adapun teknik upgrade OS Lollipop pada perangkat tidak berbeda dengan versi KitKat sebagaimana dengan tulisan saya pada tautan berikut.

Bagaimana dengan perasaan Wow yang saya maksud? Akhirnya saya merasakan material design yang dibawa oleh Lollipop pada Asus ZenFone 5. Dimana menurut pendapat saya, spesifikasi perangkat ini masih bisa mencicipi upgrade OS hingga 3 atau 4 tahun ke depan sebagaimana yang dilakukan Apple pada iPhone dan iPad. Tapi itu semua tergantung kemauan Asus apakah akan melakukannya atau tidak.

Material design benar-benar mengingatkan saya akan lingkungan iOS 7 dan iOS 8 pada iPhone. It’s true. Dan ini pendapat saya. Material design dan iOS 7/8 benar-benar mirip satu dengan lainnya dengan istilah flat (datar) dan begitu tipis (thin). Apalagi ZenUI racikan Asus benar-benar membuat tipis perbedaan tersebut. Saya sangat menyukainya. Wow!

Bagaimana dengan bagian Sucks?!

Dampak melakukan upgrade berdampak besar terhadap kestabilan dan kenyamanan OS, seperti menjadi sering hang, patah-patah (lag), simcard yang tidak terdeteksi, aplikasi yang semula ter-install tidak mendukung Lollipop. Pada kasus saya, simcard slot utama tidak mampu mendeteksi sinyal operator. Padahal slot utama adalah bagian penting untuk terhubung ke internet.

Pada Asus ZenFone milik rekan saya dengan versi WW, simcard yang tidak berfungsi adalah slot kedua. Sungguh aneh atas masalah dan perbedaan ini.

Solusi atas masalah simcard ini cukup mudah. Masuk ke bagian Setting – Jaringan & Nirkabel – Lainnya – Jaringan Seluler – Jenis jaringan yang dipilih – 2G/3G.

Pada bagian Roaming data masuk ke bagian SIM 1, beri tanda centang (check) pada kotak Sambungkan ke layanan data ketika roaming. Untuk SIM 2 biarkan saja.

Masih pada bagian yang sama, masuk ke Operator jaringan, pilih SIM yang tidak aktif ( kasus saya adalah SIM 1), pilih Telusuri jaringan. Jangan klik Pilih otomatis. Artinya kita memilih secara manual operator sesuai pemilik simcard. Dan boom! Sinyal operator akan muncul kembali.

Untuk mengatasi Lollipop yang sering hang atau lag setelah melakukan upgrade, kita harus melakukan update aplikasi Layanan Google Play (Google Play Service). Setelah selesai melakukan update aplikasi Google Play Service, silakan lakukan update seluruh aplikasi native ZenUI untuk lingkungan Lollipop, seperti aplikasi PixelMaster Camera, e-mail, super note, dan lain-lain. Update aplikasi camera ZenUI per tanggal 11 Juni 2015 benar-benar yahud. Aplikasi ini sudah mampu melakukan kunci focus pada bagian foto yang hendak kita ambil. Sebelumnya, kunci focus tidak akan bertahan lama dan akan segera kembali ke bagian tengah foto.

Bagian yang melelahkan adalah melakukan update aplikasi yang lumayan banyak serta boros data. Apalagi jika kita tergolong fakir bandwith. Jelas ini akan menjadi masalah besar.

Bagi kita yang hendak melakukan downgrade OS dari Lollipop kembali menggunakan KitKat, Asus telah menyediakan firmware untuk keperluan itu. Dan sekali lagi, sesuaikan kode firmware dengan versi Asus ZenFone kita. Apakah WW-TW-dll.

Demikian, semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

  1. Lindungi BBID Anda;
  2. Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli;
  3. Penanganan Akun E-Mail Yang Digunakan Pihak Yang Tidak Bertanggung Jawab;
  4. Keunggulan BBM Group Dibanding Aplikasi Messenger Lain;
  5. Sudah Saatnya Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Menyediakan Aplikasi Harga Pangan.

29 thoughts on “Upgrade OS Lollipop Pada Asus Zenfone 5? Menyebalkan!

  1. Pingback: Upgrade OS Lolipop Pada Asus Zenfone 5 | bang berly

  2. july

    Setelahsaya upgrade zenfone5 ke lollipop, app yg saya buka semuanya hang. Semuanya menjadi force close dan stuck ketika ingim dimatikan,shg saya terpaksa harus merestartnya berulang kali.
    apa ada solusi?

    Reply
    1. bang berly Post author

      Pada awal saya melakukan upgrade ke Lollipop juga mengalami hal serupa.
      Setelah melakukan restart, segera lakukan update Google Play Service pada PlayStore. Jangan melakukan update aplikasi lain.
      Setelah itu sistem terasa lancar.

      Reply
    2. Ade

      Mohon dibantu,setelah upgrade ke kitkat signal hilang keduanya,imei kosong,mohon solusinya bang berly.terimaksih

      Reply
  3. rezza

    pak mhn info kartu detect sim 1 , bisa di activate meskipun ttep disabled tulisanya, nah pas saerch network, sy klik sim 1 tdk bs , hya sim 2, otomatis g bs search sim 1, mhn pencerahan , trims

    Reply
  4. aya

    Setelah upgrade ke loli ЌήPª tiap habis dipake ☎ hp ɬi∂åк Ъϊśă mati alias Gaªªk Ъϊśă ∂i tutup ☎ nya.nunggu ∂i tutup ∂i sana nya baru Ъϊśă mati kl Gaªªk yaaa jalan †̥є̲̣̥яůš pulsa nya hehehehe….layar nya item gitu Gaªªk mªŭ nyala kl dipencet tombol on/off hanya sekilas ªăjjªªª nyalanya mati Ĺªģ¡ jd blom sempat mencet “akhiri” panggilan.mohon info nya itu bugs nya ato gimana ∂ăπ solusi nya pleaseeee

    Reply
    1. bang berly Post author

      Saya ŁidɑЌ bisa menjawab secara pasti apalagi secara ilmiah masalah boros tidaknya baterai setelah upgrade ķξ Lollipop.
      Jawaban saya secara kira-kira alias menerka adalah sama saja.
      Tapi ini adalah jawaban subjektif dan ŁidɑЌ bisa dijadikan acuan pasti.
      Demikian semoga bermanfaat.

      Reply
  5. wanz

    gan kalo saya kok setelah update ke lollipop maalah sim card saya dua-duanya unavailable gk ke detect gtu mohon pencerahan nya. terimaksih

    Reply
    1. bang berly Post author

      Kutipan artikel saya :
      “Solusi atas masalah simcard ini cukup mudah. Masuk ke bagian Setting – Jaringan & Nirkabel – Lainnya – Jaringan Seluler – Jenis jaringan yang dipilih – 2G/3G.

      Pada bagian Roaming data masuk ke bagian SIM 1, beri tanda centang (check) pada kotak Sambungkan ke layanan data ketika roaming. Untuk SIM 2 biarkan saja.

      Masih pada bagian yang sama, masuk ke Operator jaringan, pilih SIM yang tidak aktif ( kasus saya adalah SIM 1), pilih Telusuri jaringan. Jangan klik Pilih otomatis. Artinya kita memilih secara manual operator sesuai pemilik simcard. Dan boom! Sinyal operator akan muncul kembali.”
      Semoga bermanfaat.

      Reply
  6. yans dadoz

    Gan zen punya saya waktu masang pemmbaruan system tiba2 robotnya tumbang trus ada tulisan KESALAHAN kenapa padahal semua cara udah saya lakukan sesuai perintahmohon penjelasanya gan

    Reply
  7. yans dadoz

    Zen sya pas lagi masang pembaruan system tiba2 robot tumbang dan ada tulisan kesalahan padahal semua prosedur udah saya lakukan
    Solusinya gan gimana

    Reply
  8. lana

    saya sudah mengikuti step seperti punya agan tapi tetap slot sim 1 unvalaible. dan pada saat di telusuri jaringan dan saya pilih sesuai sim card malah muncul perintah tidak bisa terhubung untuk sementara. mohon pencerahannya gan

    Reply
  9. LETHA

    Kak mau tanya dong. aku udh upgrade frimware kitkat jadi lollipop pada asus zenfone 5. Setalah di upgrade hp saya jd hang. Saya sudah perbaharui semua aplikasi bawaan asus tapi masih tetap hang. Kemudian setiap kali saya mau kunci hp saya bukan nya malah terkunci malah jadi hang lagi. Jadi hp saya mati hidup terus, dan tombol power untuk kunci nya malah buat hang juga. Padahal waktu masih kitkat baik2 aja. Gak pernah mati atau pun masalah lain nya. Tolong solusi nya kak. Thankss .

    Reply
    1. bang berly Post author

      Apakah sudah dipastikan firmware yang di-install sesuai dengan kode pada Asus Zenfone milik Mbak Letha?
      Kalau sudah sesuai, apakah aplikasi Google Service ketika kita membuka aplikasi Google Play Store turut di-update?
      Karena sebelum melakukan update aplikasi bawaan Asus, yang pertama kali dilakukan update adalah Google Service yang terintegrasi pada aplikasi Google Play Store.
      Semoga membantu.

      Reply
  10. ahmad birin

    Aku biasa2 aja gan gak ada masalah selama tata caranya benar yg setau saya wkt ubdate 2 kali pertama uda ubdate lilipop terus ubdate lolipop lg setelah selesai langsung di formar factory gak ada masala sm sekali. Maf mungkin kurang teliti gan. Inget batre harus di atas 50persen

    Reply
  11. Loli

    Setelah diupgrade ke android versi 5.0 kamera depannya jadi burem terus geh kamera belakangya lama ngambil poto nya itu kenapa yaa kira kira?

    Reply
    1. bang berly Post author

      Aplikasi yang digunakan untuk foto, apa? Saya sarankan gunakan saja aplikasi Asus. Jangan aplikasi lain.
      Dan pastikan sebelum mengambil gambar, lensa kamera depan-belakang bebas dari debu dan kotoran.
      Semoga membantu.

      Reply
      1. Ris Dianto

        Bang camera ane gk bisa setelah upgrade loli. Jadi buka camera terus balik lagi ma ada tulisan camera gagal diluncurkan. Suruh direboot. Ada saran gk.

      2. bang berly Post author

        Perangkatnya Asus Zenfone 5?
        Apakah versi Lollipop-nya sama dengan versi yang saya tulis di atas?
        Apakah smartphone-nya tidak dalam kondisi root?
        Jika seluruhnya sama, coba Mas Ris Dianto lakukan check software secara OTA (Over The Air).
        Lalu pastikan semua software, khususnya Google PlayStore, sudah dilakukan update.
        Karena pada pengalaman saya, jika Google PlayStore tidak di-update pertama kali, OS memang tidak stabil.

  12. Loli

    Setelah diupdate ke lolipop kamera depannya jadi burem kaya blur gituuu , kira kira kenapa yaa ?
    Padahal tadinya engga kek gituuu

    Reply
  13. edi

    bang mohon info kalo nnti tk update pengaruh sama data2 dhp g ya?? soalnya tkut ilang semua foto2 ama contact?? mhon infonya,, thanks

    Reply

Leave a Reply

