Menambah Fitur Sniffer Pada Firefox

View Page Source - Firefox

View Page Source – Firefox

Pada tulisan saya sebelumnya yang berjudul Maxthon Web Browser Jilid 2, sempat saya singgung fitur source sniffer pada web browser tersebut pada platform Windows. Fitur tersebut mampu menampilkan link atau tautan video – audio – foto dimana ketiganya disimpan pada suatu situs sekalipun ketiganya tidak ditampilkan. Bahkan dengan cara View Page Source sulit bagi kita mengetahui letaknya.

Bagaimana dengan Firefox?

Tools - Add-ons ~ Firefox

Tools – Add-ons ~ Firefox

Pada Firefox fitur tersebut dapat kita tambahkan sendiri walaupun tidak selengkap fitur yang dimiliki Maxthon secara default. Artinya kita hanya bisa melihat dimana file video tersebut disimpan. Tidak untuk file audio dan tidak juga untuk file foto. Namun dengan demikian, walau hanya link file video yang kita peroleh tidak menutup kemungkinan kita bisa mengetahui dimana kedua jenis file yang dibutuhkan dengan trik khusus.

Add-ons Manager ~ Firefox

Untuk menambahkan fitur sniffer pada Firefox kita klik Tools pada bagian toolbar, pilih Add-ons. Selanjutnya kita akan ditampilkan jendela Add-ons Manager pada Firefox. Klik tombol Get Add-ons sebagaimana tampak pada gambar, pada bagian pencarian kita ketikkan saja kata kunci “sniffer”. Setelah itu kita akan ditampilkan hasil pencarian atas add-ons Firefox yang memiliki bagian kata sniffer, termasuk fungsi yang menurut server serupa dengan yang kita cari. Sekalipun nama add-ons tersebut tidak memiliki kata sniffer.

Daftar Add-ons Sniffer

Daftar Add-ons Sniffer

Seperti tampak pada gambar di sebelah kiri, atas pilihan kata kunci sniffer, server Firefox menampilkan tiga add-ons sniffer. Yaitu Media Sniffer 1.4.5, hitsniffer visitors monitoring 1.4, dan CryptoData 1.05. Pilih saja Media Sniffer 1.4.5, klik tombol Install.

Setelah proses install selesai, tidak tampak perintah restart. Sekalipun ingin kita restart sendiri tidak apa-apa. Maka Firefox dengan fitur sniffer siap digunakan.

Fitur Sniffer Firefox

Fitur Sniffer Firefox

Untuk aksi pertama kali saya mengakses situs http://www.apple.com/live/2015-mar-event/ untuk men-download video peluncuran Apple WatchThe new MacBook pada tanggal 9 Maret 2015. Setela selesai membuka situs tersebut maka pada jendela sebelah kanan atas Firefox akan muncul ikon pita film yang semula kedap-kedip selanjutnya diam bila proses sniffer selesai. Klik saja ikon pita film tersebut maka kita akan melihat pada Firefox dimunculkan ikon tanda panah ke bawah yang berarti proses download dimulai. Bila kita klik tombol panah tersebut akan tampil informasi seperti tampak pada gambar berikut.

Proses Download Video

Setiap proses download video berapapun ukurannya sangat membutuhkan koneksi internet yang stabil. Lebih bagus lagi internet sekelas broadband (pita lebar). Untuk contoh yang saya tuliskan di sini, besarnya video presentasi Apple adalah 3 GB dengan kualitas full HD 1080p. Untuk mempercepat proses download video tersebut bisa kita bantu dengan aplikasi download manager apapun yang biasa kita gunakan.
Tulisan ini bisa digunakan untuk platform Windows – OS X.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s