Tantangan Mencari Earphone Yang Tepat Untuk ZenFone 5

Paket penjualan Asus ZenFone 5 tidak disertai earphone.

Ini jelas membuat saya kaget. Kenapa Asus melakukan hal tersebut.

Apakah hanya karena mengejar harga jual yang “masuk akal” maka perangkat tersebut tidak disertakan? Sebagai perbandingan saja, produsen ponsel lokal seperti Mito Selfie yang saya miliki tetap disertakan earphone pada paket penjualannya. Padahal ponsel tersebut saya beli dengan harga yang murah pada saat itu.

Asus, Anda membuat saya kecewa!

Apple EarPods

Apple EarPods

Fungsi earphone sepertinya sudah tidak perlu dibahas panjang kali lebar sebagaimana rumus luas persegi empat atau panjang. Earphone jelas dibutuhkan untuk kepentingan mendengarkan musik -radio – telepon – video. Melalui apps MyAsus yang telah disematkan pada Asus ZenFone 5, masuk ke menu Cari Produk – Accessories, dimulailah usaha awal mencari produk earphone asli Asus. Dan hasilnya tidak ada!

Pencarian selanjutnya adalah trial and error beberapa merek earphone yang sebelumnya telah saya miliki, yaitu EarPods Apple (2 versi), Xiaomi Gold Piston, Beats Tour 2.0 (KW bukan asli), dan Lenovo S890. Belum lagi earphone milik teman seperti Motorola Moto G, dan Sony Z3 Compact.

Xiaomi Piston

Xiaomi Piston

Benar-benar bikin repot ini Asus!

Apa yang menjadi pertimbangan utama saya mencari earphone yang tepat untuk ZenFone 5 dengan mencoba bermacam merek tersebut? Kualitas suara yang dihasilkan. Itulah yang paling utama.

Pertimbangan selanjutnya adalah kenyaman earphone di telinga dalam waktu yang lumayan lama. Tidak bisa dipastikan penggunaan 30 menit atau 60 menit.

Maka pilihan jatuh kepada Xiaomi Piston. Hasil suara yang dihasilkan sungguh pas didengar telinga. Baik kombinasi bass dan treble benar-benar terasa pas. Apple EarPods terdengar seperti posisi yang berjauhan untuk suara yang dihasilkan. Earphone Sony malah lebih parah. Suara bass jauh lebih dominan dibanding treble. Beats Tour KW? Jangan diharapkan. Hehehe… Bila ada yang bersedia meminjamkan barang original Beats Tour atau varian lainnya untuk dicoba pada Asus ZenFone 5 jelas menjadi daya tarik yang kuat.

Setelah browsing beberapa lama, beruntung saya menemukan blog yang mengupas

earphone Xiaomi Piston ini yaitu blog http://nasilemaktech.com. Dari blog tersebut, Sang Penulis menampilkan hasil uji frekuensi suara earphone Xiaomi yang dibandingkan dengan beberapa merek terkenal sebagaimana dapat dilihat pada gambar di sebelah kanan.

Lalu apakah hasil ulasan tersebut dapat dijadikan acuan untuk beragam merek smartphone Android yang tidak terhitung banyaknya? Jawabnya tidak!

Cocoknya Xiaomi Piston pada Asus ZenFone 5 belum tentu cocok juga dengan merek lain. Yang tepat adalah jika Asus mampu menghadirkan earphone yang cocok dengan perangkatnya termasuk kualitas suara yang dihasilkan. Seperti halnya Apple dengan EarPods-nya, juga Xiaomi dengan seri Pistonnya. Walaupun Xiaomi menjadi pilihan saya sebagai earphone ZenFone 5, fungsi control seperti volume up and down tidak berfungsi sama sekali. Fungsi tersebut hanya bisa digunakan sepenuhnya pada perangkat Xiaomi yang ter-install Android versi MIUI.

Demikian, semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

  1. Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli;
  2. Keunggulan BBM Group Dibanding Aplikasi Messenger Lain;

19 thoughts on “Tantangan Mencari Earphone Yang Tepat Untuk ZenFone 5

      1. Ernie

        Bang,,,saya punya Asus juga yng kebetulan beli baru 2 minggu yg lalu,,,Asus Zenfone selfie,,,,
        Tapi kenapa susah cari handset yg pas untuk dia,,,mkcdnya,,,ga seperti Sony yang cocok pake handset merk apa saja,,,, takut seandainya handset ori nya rusak atau gimana,,,,
        Mohon pencerahannya,,,,,

  1. Pingback: Bass Booster Untuk Earphone | bang berly

  2. frankga

    Broo kalo pake musik bawaan asus xiaomi piston 3 bagus ga suaranya?? Rncana ane mo beli utk zenfone 6 tapi…🙂
    Oya ane pernah pake coba beats ori pny tmen, hasil nya luar biasa broo.. tp harganya jg luar biasa..😦

    Reply
    1. mautauaja

      Bagus tidaknya suara yang dihasilkan menurut saya ada beberapa faktor :
      1. Diawali dari kualitas file musik atau video yang dimiliki;
      2. Apakah produsen earphone mendukung semua perangkat smartphone sekalipun sesama Android; dan
      3. Kualitas aplikasi yang disematkan produsen pada smartphone-nya, seperti Asus memiliki aplikasi Musik.
      Setelah beberapa lama penggunaan dan akhirnya memilih untuk membeli aplikasi equalizer+, kesimpulan pribadi saya, Piston 2 lebih layak dibeli dibandingkan Piston 3 (sekedar memudahkan penyebutan).
      Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada link ini https://bangberly.wordpress.com/2015/07/28/bass-booster-untuk-earphone/

      Reply
  3. Oban

    Bro, mau nanya, hape saya zenfone 5 juga, bener bro ini kualitas cocok sama zenfone 5?
    earphone yg mas bro beli itu Xiaomi piston berapa ya lebih tepatnya? Saya juga mau beli yg sama aja biar kualitasnya terjamin kaya yg mas bro cantumkan di blog ini hehe, hatur nuhun bro

    Reply
    1. bang berly Post author

      Penamaan Piston yang tepat menurut saya hanya sampai generasi ke-2 yaitu bentuk seperti ur Beats berwarna emas. Piston 3 pada saya menulis artikel sebenarnya bukan nama resmi.
      Tapi itu hanya penamaan saya dan para blogger yang melakukan review produk yang bentuknya seperti Beats Tour pada masa itu.
      Apakah produk tersebut masih tersedia? Saya tidak tahu.
      Nama aslinya bisa dilihat pada artikel yang sudah saya tulis.

      Reply
      1. bang berly Post author

        Saya beli di Lazada pada kisaran harga Rp239ribu. Tapi itu harga pada waktu lampau. ŁidɑЌ tahu apakah masih diproduksi dan harga terkini.

  4. bolangartwork

    Sedih gw, susah2 ngedapetin dari SG eh pas ada acara rame2 gw lupa kaga diberesin masupin tas aja, ilang deh headphone ori dari asus zenfone 5 gw, nyari lagi susah…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s