Maxthon Web Browser Jilid 2

Screen Shot 2015-02-17 at 19.13.47

Tampilan Web Browser Maxthon Setelah Selesai Di-install

Kali ini saya mencoba menggunakan web browser Maxthon baik versi Windows dan OS X. Platform Windows saya jalankan pada PC yang telah terpasang Windows 7 64 bit, dan platform OS X pada MacBook Pro yang terpasang Yosemite (10.10.2).

Tombol Seting New Maxthon

Tombol Seting New Maxthon

Tampilan web browser Maxthon versi 4.4.0 platform OS X memang lebih segar dan terasa rata alias flat. Lebih didominasi warna putih dan terasa lapang tidak seperti web browser versi sebelumnya. Pada bagian setting yaitu dengan meng-klik ikon seperti hamburger (tiga garis bertumpuk) pada bagian ujung kanan layar monitor, saya lebih kaget lagi. Kenapa banyak setingan yang dihilangkan pada versi terbaru ini. Kemana setingan untuk koneksi proxy?

Jendela Seting New Maxthon

Jendela Seting New Maxthon

Dengan tidak disediakannya seting untuk proxy, web browser maxthon secara default akan mengikuti setingan network pada System Preferences OS X. Kenapa begitu penting seting proxy tersebut bagi saya?

Sebab dengan mengatur koneksi proxy melalui web browser lebih mudah dan menyenangkan dibanding mengaturnya melalui System Preferences pada OS X atau Control Panel pada Windows. Cukup dengan klik Tools-Internet Options pada Windows atau Setting-Proxy pada web browser platform OS X, kita bisa mudah mengganti koneksi menggunakan proxy atau tidak.

Seperti sudah pernah diceritakan pada tulisan terdahulu, pengembang Maxthon masih “menganaktirikan” platform OS X. Fitur platform Windows yang membuat saya terkesima adalah Resource Sniffer yang sudah dipaketkan. Benar-benar fitur yang luar biasa!

Fitur resource sniffer mampu menampilkan url video – audio – image pada web dan siap untuk di-download. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di sebelah kanan.

Untuk menutup tulisan ini saya upload juga hasil uji html5 dari situs resminya. Hasilnya sungguh mengejutkan. Nilai yang diperoleh sungguh jauh di bawah web browser Firefox yang memperoleh nilai 449 dari 555. Namun hasil uji html 5 tidak menjadi patokan baik tidaknya web browser pada pekerjaan sehari-

Hasil uji html 5

Hasil uji html 5

hari.

Untuk fitur download manager yang sudah dibawa oleh web browser ini masih tertinggal jauh dengan extention downthemall Firefox. Jika dirasa web browser apapun mampu menampilkan situs yang kita tuju dan mampu bekerja tanpa kendala apapun, abaikan saja uji html 5. Karena yang terpenting adalah selesainya pekerjaan yang sudah menjadi kewajiban kita. Tapi lain halnya jika kita lebih mementingkan uji tersebut atas ketaatan web browser untuk standard html 5. Pilihan tetap di tangan kita.

Semoga bermanfaat.

One thought on “Maxthon Web Browser Jilid 2

  1. Pingback: Menambah Fitur Sniffer Pada Firefox | bang berly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s