Tantangan Upgrade OS Asus ZenFone 5

Screenshot_2015-02-05-20-23-21Saya menggunakan Asus ZenFone 5 sejak 28 Oktober 2014. Dalam kondisi brand new in the box, selesai membayar, memasukkan simcard pada ponsel, lalu gagal upgrade melalui Over The Air (OTA). Hehehe…
Tentunya hal ini membuat saya terkejut mengapa ponsel baru dan membeli bukan barang Black Market (BM) bermasalah melakukan upgrade OS dari Jelly Bean ke Kitkat (4.4.2). Besarnya file yang diperlukan hanya sebesar 45MB dari notifikasi yang dapat dilihat pada gambar di samping kanan.

Notifikasi tersebut terus menerus akan terus muncul walau dalam keadaan di belakang layar (background). Tentunya akan “memaksa” pemilik untuk melakukan upgrade operating system ke versi yang lebih baru. Informasi tambahan, Asus ZenFone milik saya dalam kondisi out of the box masih dalam versi Jelly Bean 4.2.2.

Karena sudah hingga tujuh kali saya mengalami kegagalan, akhirnya saya mengirim e-mail kepada Asus melalui aplikasi MyAsus yang disediakan pada perangkat Asus ZenFone. Dalam waktu 1×24 jam saya menerima balasannya dari teknisi Asus Indonesia (terima kasih atas responnya yang cepat). Dari e-mail tersebut diketahui tahapan yang harus saya lakukan untuk dapat melakukan upgrade OS dari versi Jelly Bean ke versi Kitkat (4.4.x).

Dari e-mail tersebut saya harus ke situs resmi Asus yang beralamat di tautan berikut atau di link ini. Untuk melakukan upgrade secara manual ternyata tidak semudah melakukannya pada iPhone 4 yang telah saya miliki sejak tahun 2010. Ternyata untuk melakukan upgrade operating system pada Asus ZenFone 5 kita harus melihat atau mengetahui versi firmware perangkat kita sendiri. Versi firmware yang bagaimana itu?

Saya tidakScreenshot_2015-02-06-09-00-10 bisa menjelaskan maksud perbedaan firmware yang dimaksud. Hanya saja versi firmware dapat dilihat pada Setting – About – Software information. Pada bagian Nomor bentukan seperti gambar di sebelah kiri dapat dilihat barisan kode ASUS_T00F_WW_user_(dan seterusnya). Kode firmware yang harus dilihat adalah huruf WW. Itulah kode firmware perangkat kita.

Kode firmware yang dimiliki perangkat Asus Zenfone 5 berdasarkan pada tautan berikut adalah WW – CHT – TW – CN. Jadi sebelum men-download file upgrade operating system Asus Zenfone harus disesuaikan dengan kode firmware. Jangan sampai salah download.

Screen Shot 2015-02-16 at 19.51.12Khusus Asus ZenFone 5 milik saya yang masih menggunakan Jelly Bean 4.2.2 haru menjalani 2 (dua) tahapan upgrade operating system. Pertama, harus melakukan upgrade Jelly Bean versi 4.3. Kedua, melakukan upgrade KitKat 4.4.2.

Sebagaimana dapat dilihat pada gambar di sebelah kanan, versi Jelly Bean yang harus saya download adalah versi V1.18.40.10. Besarnya file adalah 690,39 (MBytes). Lumayan besar untuk yang fakir bandwith dan harga pulsa internet yang mahal. Sangat berbeda jauh dengan ukuran file yang harus di-download pada gambar di awal tulisan ini. Kenapa bisa server Asus melakukan salah saran file yang harus saya download?!

Screen Shot 2015-02-16 at 20.55.51

File yang tersedia di-download

Berdasarkan panduan manual dan dokumen yang terdapat pada situs resmi Asus (klik link ini), setelah melakukan download file update fimware, lakukan unzip atas file yang telah di-download dengan nama UL_ASUS_T00F_WW_1_18_40_10.zip tersebut sehingga file hasil unzip (atau unrar) menjadi bernama UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.10-user.zip. Patut diingat bahwa nama file tersebut adalah hasil unzip atau unrar atau extract. Bukan hasil penamaan kembali alias rename!

Installer APK Asus Zenfone 5

File yang diberi garis merah adalah dua versi yang sebelum dan sesudah di unzip-unrar-extract.

Setelah terbentuk file dengan nama UL-ASUS_T00F-WW-1.18.40.10-user.zip, taruh file tersebut pada internal memory Asus Zenfone 5. Jangan ditaruh ke dalam folder apapun di internal memory tersebut!

Jika seluruh tahap sudah dilakukan, silakan membuka Setting – Pembaruan Sistem klik tombol Periksa Pembaruan. Maka file upgrade yang telah kita salin ke Memory Internal Asus ZenFone 5 akan otomatis terdeteksi oleh sistem. Silakan lanjutkan proses sesuai instruksi yang muncul kemudian.

Semoga bermanfaat.

 

Baca juga :

  1. Penanganan Akun E-mail Yang Digunakan Pihak Tidak Bertanggung Jawab;
  2. Keunggulan BBM Group Dibanding Aplikasi Messenger Lain;
  3. Sudah Saatnya Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia Menyediakan Aplikasi Harga Pangan;
  4. Lindungi BBID Anda;
  5. Cek Serial Number iPhone Bekas Sebelum Membeli.

12 thoughts on “Tantangan Upgrade OS Asus ZenFone 5

    1. bang berly Post author

      Unzip atau extract adalah hal yang sama.
      Pembedanya pada aplikasi yang digunakan. Jika zip lawannya unzip.
      Jika biasa menggunakan Rar, istilah yang digunakan adalah extract.

      Reply
  1. Pingback: Upgrade OS Lollipop Pada Asus Zenfone 5? Menyebalkan! | bang berly

    1. bang berly Post author

      Sampai sekarang saya belum menemukan merk yang pas dengan Asus ZenFone 5 ini. Bila dibandingkan dengan kualitas suara yg dihasilkan Mi Piston pada smartphone Xiaomi, hasilnya bagus sekali.

      Reply
  2. putramuzamil

    Bang berly,
    Sptnya zenfone 5 yg saya beli adlh brg BM, saya sdh ke bbrp counter utk upgrade firmware tp mrka ga bs, mhn bantuan jika bang berly bs bantu upgrade, mhn pencerahan?
    Trm kasih

    Reply
    1. bang berly Post author

      Terima kasih atas kunjungan ke blog ini.
      Tahunya barang BM dari mana?
      Untuk upgrade firmware (atau upgrade OS) pada Asus ZenFone 5 harus disesuaikan dengan kode yang di ada pada masing-masing smartphone.
      Apakah kode Asus ZenFone putramuzamil ini TW atau WW atau kode lainnya?
      Apakah OS yang dimiliki masih berkode 4.1.1 seperti pengalaman saya?
      Jika sudah dicoba ke beberapa counter hp mereka tidak bisa, sepertinya harus ke Asus ZenFone Service Center yang berlokasi di Senayan Trade Center (jika putramuzamil berlokasi di Jakarta).
      Semoga membantu.

      Reply
  3. Pingback: Upgrade OS Lolipop Pada Asus Zenfone 5 | bang berly

    1. bang berly Post author

      Sayangnya saya belum menemukan cara melihat kode firmware melalui web. Dari berbagai situs yang saya kunjungi termasuk informasi dari situs Asus sendiri, kode firmware dapat dilihat langsung pada perangkat.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s