WPS Office

Pada tanggal 11 Juni 2014, saya menerima pemberitahuan adanya update apps Kingsoft Office yang terpasang pada Lenovo S890. Rupanya update tersebut tidak hanya pemutakhiran atas installer yang sudah ada namun merubah tampilan dan nama.

Yup, Kingsoft Office berubah namanya menjadi WPS Office dan WPS Office Pro dengan harga $70 (klik tautan berikut). Hal ini bisa dibaca pada keterangan apps WPS Office di Play Store serta pada situs resminya (klik tautan berikut). Apa yang melatarbelakangi perubahan nama tersebut?Menurut pendapat saya berdasarkan keterangan di “kitab” wikipedia (klik tautan berikut) Kingsoft menghapus perbedaan nama dan positioning brand image atas produk tersebut dimana sebelumnya terbagi dua penyebutan yaitu WPS untuk pengguna di wilayah negara Cina dan KSOffice untuk pengguna internasional. Adapun akronim dari WPS adalah Writer – Presentation – Spreadsheet.

www.wpsBerikut tampilan situs WPS yang semakin cantik. Masih seperti versi sebelumnya WPS disediakan secara gratis untuk platform iOSAndroidWindowsLinux. Yang menjadi catatan saya adalah kenapa platform OS X tidak disediakan oleh Kingsoft. Padahal platform iOS (iPhoneiPadiPod Touch) sudah disediakan sejak 11 Januari 2011.

Yang menjadi keunggulan dari aplikasi WPS Office ini adalah kemiripan tampilannya dengan Microsoft Office 2010, termasuk cara pengoperasiannya yang hampir sama seluruhnya dengan produk Microsoft. Tidak percaya? Berikut tampilan WPS Office yang saya peroleh dari situs resminya (klik tautan berikut) :

Presentation_Slide2Spreadsheets_Screenshot_ArialWomen_in_Dance_SpellCheckLalu bagaimana perbandingan dengan aplikasi perkantoran sejenis?

Silakan klik tautan di bawah atas perbandingan yang disajikan :

  1. WPS Office vs OpenOffice 4;
  2. WPS Office vs Microsoft Office 2013;
  3. WPS Office vs WPS Office Professional;
  4. WPS Office vs Microsoft Office 2010.

Bila dibandingkan antar platform yang ada, platform Microsoft Windows memiliki fitur terlengkap. Yaitu dengan adanya dukungan VBA/Macro pada versi profesional. Namun demikian, versi gratis (free) yang disediakan sudah memenuhi kebutuhan dasar dari aplikasi perkantoran untuk pekerjaan kantor atau rumah termasuk siswa dan mahasiswa. Bagi pengguna tingkat mahir yang membutuhkan fitur selengkap Microsoft Office atau OpenOffice atau LibreOffice, jelas WPS Office masih belum bisa menjadi jawaban.

Setidaknya aplikasi ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan aplikasi gratis (free) yang memiliki tampilan layaknya Microsoft Office 2010/2013 sehingga tidak canggung lagi dalam pengunaan sehari-hari.

Khusus pengguna GNU/Linux, installer platform GNU/Linux dapat diperoleh pada tautan berikut. Pada saat tulisan ini dibuat, versi yang ada masih dalam tahap Alpha 12 Patch 4 (per tanggal 17 Maret 2014). Walau masih dalam tahap Alpha, saya yakin aplikasi tersebut sudah bisa digunakan dengan baik. Dan telah disediakan installer berdasarkan package manager distro utama yaitu deb – rpm serta source code (tar.xz). Bagaimana cara pemasangannya? Silakan membaca blog arsha yang ditulis dengan jelasnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Thank’s to Eko Santoso aka gnine.

8 thoughts on “WPS Office

  1. arhsa

    Bangberly, salam kenal dan terima kasih sudah memasang link ke Blog saya. Tapi, cara pemasangan dari source code tidak ada keterangannya karena saya tidak bisa. Kehadiran WPS Office sangat menggembirakan.

    Reply
    1. bang berly Post author

      Salam kenal kembali, Mas Arsha.
      Tulisannya sangat jelas.
      Sekedar info, Apple juga hanya mengeluarkan 3 (tiga) aplikasi (kebutuhan) kantor yang tergabung dengan sebutan iWork. Adapun aplikasinya sama dengan WPS, yaitu Pages (Write) – Numbers (Spreadsheet)- Keynote (Presentation).
      Untuk kebutuhan lainnya seperti Access (database) Microsoft Office masih yang terbaik.

      Reply
    1. bang berly Post author

      Ah… gnine berkenan berkunjung ke sini. Selamat menunaikan ibadah shoum ramadhan, Mas.
      Untuk instruksi install binari tersebut bagaimana, Mas?

      Reply
      1. gnine

        terima kasih. kesini karena merasa ter-summon.😀
        sama2 berl, selamat shoum ramadhan.
        tinggal ekstrak saja, setelah itu klik saja binari et, wpp, atau wps di folder terekstrak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s