Memunculkan Kembali Partisi HDD External pada OS X Lion (10.7.x)

Tulisan ini berdasarkan kejadian yang baru saja saya alami setelah selesai melakukan upgrade OS, semula menggunakan OS X Snow Leopard (10.6.8) ditingkatkan ke OS X Lion (10.7.5) yang diberi tagline oleh Steve Jobs yaitu “Back to the Mac” pada Apple Special Event, 20 Oktober 2010.
Kenapa saya memutuskan melakukan upgrade ke OS X Lion?
MacBook White Mid-2009Karena OS X Snow Leopard sudah “tidak asyik” setelah sekian lama saya menggunakan dan membandingkan dengan OS X Lion lalu OS X Mountain Lion (10.8.3) pada MacBook Pro mid-2010. Aksi upgrade OS ini saya lakukan pada MacBook White mid-2009 yang telah diisi dengan OS X Snow Leopard (10.6.8).

Berdasarkan spesifikasi dari MacBook White Mid-2009, tindakan upgrade OS X akan “mentok” di OS X Lion.
Setelah melakukan serangkaian langkah upgrade hingga selesai, masalah muncul OS X Lion (10.7.x)pada saat saya menghubungkan HDD Seagate kapasitas 1 TB dibagi 2 partisi ke MacBook yang telah terpasang OS X Lion. HDD External (external removable drives) tidak kunjung ditampilkan pada desktop. Ikon partisi HDD External tidak tampak di layar.
Saya cek melalui Disk Utility, di sana terlihat HDD External Seagate milik saya sebenarnya terdeteksi oleh OS, namun bermasalah pada partisi. Status seluruh partisi pada HDD External adalah unmount.
HDD External Seagate diformat menggunakan NTFS, dimana memang lebih banyak digunakan pada lingkungan Microsoft Windows dalam hal menyimpan data.
Pencarian solusi atas masalah ini tidak juga menemukan hasil yang memuaskan. Hingga akhirnya saya “curiga” atas apps NTFS for Mac OS X dari Paragon yang memang sudah terpasang dan dimasukkan pada System Preferences.
Kecurigaan tersebut terbukti dimana saat saya hendak memanggil apps tersebut malah menampilkan error. Apps NTFS for Mac OS X dari Paragon merupakan apps berbayar, dan sepertinya memang dijadikan default (bawaan) pada OS X Snow Leopard. Versi yang dipasang adalah versi 8.
Pada saat tulisan ini dibuat, versi apps NTFS dari Paragon sudah mencapai 10.0.0.1.
Akhirnya saya mendownload apps dari Paragon tersebut dengan harapan bisa langsung menggunakannya dengan cepat dan legal. Mengingat apps tersebut sebelumnya memang sudah terpasang begitu MacBook White ini dikeluarkan dari kotaknya (Brand New Out of The Box).
Namun harapan upgrade tersebut gagal total, karena begitu selesai upgrade apps NTFS for Mac OS X ke versi 10.0.0.1, saya diwajibkan memasukkan Serial Number terbaru. Jika tidak, kita hanya puas menggunakan apps tersebut selama 10 (sepuluh) hari saja.
Kesal dengan apps NTFS for Mac OS X yang lama error akibat upgrade OS X, lalu ternyata tindakan upgrade apps tersebut mewajibkan membeli serial number terbaru, akhirnya saya memilih apps Tuxera NTFS.
Screen Shot 2013-03-23 at 1.39.15 PMApps Tuxera-NTFS merupakan apps berbayar yang bersifat opensource dan memiliki 2 (dua) versi. Versi gratis dan versi komersil (berbayar). Jangka waktu uji coba apps komersil Tuxera-NTFS adalah 15 (lima belas) hari. Terdapat perbedaan waktu selama 5 (lima) hari atas kedua apps yang “mengurusi” partisi NTFS.
Untuk saat ini saya hanya bisa berpuas diri dengan menggunakan apps Tuxera-NTFS versi trial selama 15 (lima belas) hari. Karena perbedaan waktu selama 5 (lima) hari adalah amat sangat berarti.
Lalu mana apps yang terbaik?
NTFS for Mac OS X dari Paragon menurut saya yang terbaik.
Kenapa?
Apps dari Paragon selain mampu menampilkan partisi pada HDD External dengan cepat, juga mampu menampilkan folder-folder dengan jelas yang sebelumnya disembunyikan oleh virus lokal.
Sedangkan apps Tuxera-NTFS tidak menampilkan folder yang disembuyikan akibat virus lokal. Apps ini hanya mampu menampilkan partisi HDD External saja. Untuk dapat menampilkan folder yang disembunyikan kita harus mengetik script pada Terminal yang telah diulas dengan jelas pada situs MakeMac.
Akibat dari script tersebut adalah tampilnya file .DS_Store dan .localized pada layar utama. Kedua file tersebut akan terus muncul walaupun sudah dihapus. Lalu folder yang semula tersembunyi, ditampilkan dengan warna yang berbeda alias kabur atau berbayang.
Di sini letak kemenangan apps dari Paragon.
Paragon dapat menampilkan folder yang semula disembunyikan oleh virus dengan sangat jelas tanpa ada perbedaan tampilan, dan tanpa menulis script apapun.
Sesuai kualitas yang ditawarkan oleh Paragon, untuk memperoleh apps ini memang harus ditempuh dengan jalan halal. Karena selain memasukkan Serial Number dan Product Key, langkah berikutnya adalah melakukan aktivasi online. Bila tidak dilakukan aktivasi online, apps tersebut tetap berstatus trial selama 10 (sepuluh) hari. Dan tidak bisa diakali dengan cara offline (hampir mirip dengan aktivasi iGetter).
Berbeda dengan Tuxera NTFS. Apps ini hanya memasukkan Product Key.

Setelah berkonsultasi dengan Sayz Lim dari MakeMac, sebelum kita melakukan Screen Shot 2013-03-23 at 1.49.39 PMpengecekan pada System Preferences, ada baiknya kita melihat dulu apakah pada Finder-Preferences-Devices-External disks telah diberi tanda check atau belum.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah :
Bila selesai melakukan upgrade OS X dan kemudian tidak dapat mengakses partisi pada HDD External yang terformat NTFS; dan atau
Ditemukan error pada apps NTFS for Mac OS X di System Preferences;
dipastikan kita harus meng-install ulang apps tersebut atau membeli ke versi terbaru.
Ada 2 (dua) apps yang terkenal untuk fungsi membaca-menulis pada partisi NTFS di HDD External yaitu NTFS for Mac OS X dari Paragon dan Tuxera NTFS.
Dari segi fungsi dan kemudahan, apps dari Paragon adalah yang terbaik.

Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Memunculkan Kembali Partisi HDD External pada OS X Lion (10.7.x)

    1. deddy

      di mac saya terdapat 2 OS, maverick dan wins 7. tetapi knapa setelah saya instal paragon, saya tidak bisa booting ke windows ya?

      Reply
      1. bang berly Post author

        Salam kenal Mas Deddy. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.
        Dari tulisan Mas Deddy saya mengganggap kalau tidak bisa masuk ke Windows yang diinstall menggunakan Boot Camp. Sudah dicoba sewaktu booting (sebelum bunyi bong) telah menekan dan tahan tombol Option?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s