Fitur Modem Tethering Menggusur Ufd Modem

Sudah lama tidak menulis blog. Kangen juga.
Kali ini saya hendak menulis fitur modem tethering pada smartphone mampu menggantikan modem usb flash drive (ufd).
Pada awal memiliki laptop, untuk terhubung ke internet saya harus menggunakan internet kantor. Baik menggunakan kabel LAN maupun wi-fi. Setelah dirasa internet banyak kegunaannya, saya mulai mencari-cari jenis modem apa yang kiranya tepat dengan beragam merk dan kemampuan serta memilih simcard operator telepon seluler yang menawarkan paket internet yang kencang serta ramah dikantong.
Modem internet yang saya pilih pertama kali adalah dari mobile 8 (CDMA) sebelum berubah menjadi Smartfren. Koneksi yang kencang serta kuota yang besar kala itu menjadi pilihan tepat bagi saya. Terlebih lagi kualitas jaringan GSM terbesar sekalipun di lokasi perumahan saya tidak mampu menawarkan kualitas jaringan yang stabil apalagi kencang.

google-android-mascotKini dengan banyaknya smartphone yang ber-operating system Android dan iOS mampu menghadirkan fungsi sebagai modem tethering dan mampu melayani hingga 5 (lima) perangkat, juga para operator telepon seluler terus berupaya memperkuat jaringan 3G mereka bahkan memperbanyak menara pemancar sinyal (bts) mereka hingga ke pelosok, membuat nyaman atas efisiensi uang yang harus dibelanjakan untuk terhubung ke internet.
Dulu saya memiliki 3 (tiga) perangkat terpisah untuk terhubung ke internet dan komunikasi.
Pertama adalah laptop dan atau personal computer jenis desktop.
Kedua adalah telepon seluler untuk keperluan komunikasi.
Ketiga adalah ufd modem untuk terhubung ke internet melalui laptop dan atau pc desktop.
Kini dengan perkembangan teknologi, hanya dengan 1 (satu) perangkat pun bisa merangkap semuanya, yaitu hanya menggunakan smartphone dan cukup 1 (satu) sim card.
Dengan maraknya telepon seluler ber-OS Android (google) serta iOS (Apple) pada iPhone, betapa IPhone_5mudahnya manusia terhubung ke internet lalu memperoleh informasi tanpa batas. Selain akhirnya efisiensi atas perangkat yang harus dibeli.
Kita tidak perlu lagi membeli ufd modem bahkan laptop jika dirasa menggunakan smartphone saja sudah mencukupi kebutuhan. Cukup gunakan smartphone (berlayar lebar lebih baik untuk kenyamanan) kita bisa langsung menjelajah ke internet dan dengan fitur modem tethering-nya kita bisa menghubungkan laptop dan atau pc desktop ke internet.
1st Gen iPadBahkan smartphone-pun sudah berkembang lagi menjadi phablet (phone tablet) dengan fitur yang lebih banyak lagi semenjak kehadiran iPad pada tahun 2010. Jelas fitur modem tethering-pun sudah menyertainya.
Kini tidak perlu lagi kita membawa-bawa laptop atau netbook serta ufd modem. Cukup satu atau dua perangkat dan 1 (satu) sim card, kita sudah mampu menjelajah internet semaunya. Tapi tetap, tidak kalah penting adalah pilihan operator telepon seluler yang paling memuaskan pengguna pada daerah tersebut. Biasanya beda daerah beda operator unggulan.
Walau demikian bagi saya, smartphone atau tablet maupun phablet masih belum dapat digunakan untuk pekerjaan serius. Setidaknya saya masih membutuhkan 2 (dua) perangkat wajib. Yaitu smartphone dan laptop. Bagaimana dengan rekan semua?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s