File atau Folder Disembunyikan oleh Virus? Gunakan RRT Sergiwa Antiviral Toolkit

Tulisan kali ini sangat beraroma promosi. Tapi tulisan ini berdasarkan kejadian di lapangan yang Penulis alami. Salah satu kebiasaan virus lokal adalah membuat file dan atau folder menghilang atau disembunyikan (hidden). Sebenarnya file dan atau folder tersebut masih ada pada media usb flash drive (ufd) atau external hard drive.

Lalu bagaimana memunculkannya kembali?

Ada beberapa cara untuk memunculkannya.

Pada tampilan jendela Windows Explorer, klik Folder option, klik tabulasi View, klik Show hidden file.

Apakah teknik di atas sudah menyelesaikan masalah? Bisa ya, bisa tidak.

Kalau personal computer (pc) kita masih terinfeksi dengan virus tentunya fitur Folder option pada jendela Windows Explorer akan menghilang atau dihilangkan oleh virus tersebut.

Jadi pastikan terlebih dulu pc kita sudah di-scan dengan aplikasi anti virus terbaru dengan pengenalan virus terkini (update virus definition file).

Lalu bagaimana jika pc kita sudah bersih dari virus atau file/folder tetap tidak bisa dilihat pada pc lain yang bersih dan tidak terinfeksi virus sebelumnya?

Cara termudah adalah menggunakan aplikasi RRT Sergiwa Antiviral Toolkit dari http://www.sergiwa.com. RRT dimaksud bukan singkatan dari Republik Rakyat Tjina ya. Hehehe…

Aplikasi RRT untungnya bersifat gratis dengan fitur yang powerfull bahkan tidak dimiliki aplikasi anti virus terkenal yang juga bersifat gratis (freeware). Salah satu keunggulannya adalah mampu menampilkan file/folder yang disembunyikan oleh virus lokal.

Cara penggunaannya sangat mudah.

Kasus kali ini adalah menampilkan file/folder pada external hard drive Seagate milik saya yang dulu terinfeksi virus lokal dengan besar ruang 1 TB.

Setelah kita install aplikasi RRT Sergiwa Antiviral Toolkit klik tombol Check All (pada saat kita klik tombol Check All terlihat bagian Hidden Files akan diberi tanda ✔), lalu klik tombol Remove.

Proses remove berjalan dengan singkat, setelah itu untuk menuntaskan proses pembersihan, aplikasi ini membutuhkan Reboot.

Selesai reboot, maka file/folder yang semula disembunyikan pada media ufd dan atau external hard drive dapat ditampilkan seluruhnya.

Teknik ini dapat digunakan juga pada Microsoft Windows 8, dan sudah saya terapkan pada laptop Sony Vaio jenis ultrabook. Bahkan Microsoft Windows 8-pun tidak sanggup menampilkan file/folder yang disembunyikan oleh virus lokal sekalipun media tersebut sudah bersih (menggunakan anti virus Avira yang dulu bernama AntiVir-AVGAvastEset).

Sebenarnya ada aplikasi anti virus karya anak bangsa yang sanggup membasmi virus lokal dan langsung membenarkan registry Windows yang berubah sehingga mampu menampilkan kembali file/folder yang disembunyikan, seperti PCMAV (produk dari PC Media). Namun aplikasi tersebut seringkali dianggap program berbahaya (false alarm) oleh anti virus yang saya gunakan. Khususnya file update database dari clamav (aplikasi anti virus yang bersifat open source berlisensi GPL dan tangguh) langsung akan dihapus oleh Avira. Untung saja aplikasi RRT tidak terdeteksi (false alarm) sebagai aplikasi jahat oleh aplikasi anti virus gratis yang terkenal.

Aplikasi RRT ini menjadi salah satu aplikasi wajib ter-install pada pc (desktop-laptop) yang saya gunakan. Demikian, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “File atau Folder Disembunyikan oleh Virus? Gunakan RRT Sergiwa Antiviral Toolkit

  1. M. Adi Wiwaha

    kacau nih bro….. di PC kantor kenapa gak bisa running setelah di install ya..??? ada cara gak supaya blockir installernya ke buka..?? yaaaaaaaaaaa… namanya juga PC kantor… mau ngapa2in gak bisa main install sembarangan… heheheheee

    Reply
    1. bang berly Post author

      Setelah di-install gak bisa running atau masalah blokir installer?
      Sebelumnya ada informasi kalau PC Kantor memang diatur demikian oleh admin kantor?
      Setidaknya supaya diinformasikan saja ke admin kantor kalau aplikasi yang kita akan install adalah aplikasi yang dibutuhkan juga untuk pekerjaan. Jadi bukan semata-mata aplikasi hiburan atau aplikasi merusak. Dengan demikian dia bisa membuka batasan atas aplikasi tersebut.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s