Cybergeddon – Patungan Yahoo! dan Norton

Tanggal 15 November 2012, ketika mengakses http://mail.yahoo.com saya dikejutkan oleh tampilan utama alamat situs tersebut. Kok ada semacam gambar aneh menyerupai iklan game online, namun terdapat pada halaman utama mail.yahoo?

Setelah saya klik gambar tersebut saya diarahkan ke link http://id.cybergeddon.yahoo.com/#home. Wow!!! Apa ini?!

Setelah saya coba klik bagian bab (chapter) dimana terdapat 9 (sembilan) bab film singkat, akhirnya saya tahu kalau film ini disponsori oleh Yahoo! dan Norton by Symantec. Film ini disutradarai creator of CSI yaitu Anthony Zuiker. Tertarik dengan cerita yang utuh, saya download ke-9 file film tersebut menggunakan aplikasi Internet Download Manager (IDM) yang terintegrasi pada web browser Mozilla Firefox.

Salah satu keunggulan aplikasi IDM ini adalah mampu menyediakan link untuk men-download film flash pada suatu situs walaupun tanpa kita minta. Namun hanya film flash (flv) saja yang dapat di-download. Opsi untuk jenis mp4 misalnya tidak dapat disediakan oleh IDM.

Setelah selesai men-download, supaya nikmat dalam mengikuti ceritanya, saya gabungkan seluruh file menggunakan aplikasi Xilisoft pada OS X di MB Pro dan mengubahnya menjadi mp4. Hasilnya adalah sebuah film berdurasi 1 jam 32 menit. Suatu proyek yang luar biasa oleh Yahoo! dan Norton.

Bagaimana kesan saya atas film ini? Mirip dengan film Die Hard 4.0 – Live Free or Die Hard yang diperankan oleh Bruce Willis dan Justin Long.

Pembedanya adalah film ini tokoh utamanya seorang agen FBI wanita yang dituduh melakukan serangkaian kejahatan cyber sehingga mengacaukan sistem perairan-perbankan-dll. Peristiwa ini dikenal sebagai Cybergeddon. Pada film Die Hard 4.0 dikenal sebagai peristiwa Fire Sale.

Spesial efek pada Cybergeddon mengingatkan saya pada film Hackers yang diperankan Angelina Jolie. Mungkin scene tersebut menggambarkan ketika data yang terkirim dan diterima berseliweran pada kabel jaringan internet di seluruh dunia. Setidaknya efek tersebut jauh lebih baik dan dimengerti dibanding film Hackers di tahun 1995.

Sebenarnya film ini mengusung pesan moral yang penting untuk diketahui para pengguna internet dan pemilik perangkat yang terhubung ke internet. Apa itu? Silakan klik link ini http://id.cybergeddon.yahoo.com/#access.

Salut untuk Norton. Walaupun film ini disponsori oleh mereka namun pada film ini mereka mau “merendah” kalau aplikasi mereka bukan yang paling hebat dalam menangkal atau membasmi virus. Yang memang pada film ini digambarkan virus tersebut dibuat oleh orang yang sangat hebat dalam urusan coding dan selangkah lebih maju dibanding pembuat anti virus manapun.

Enjoy your movie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s