Menambah Font pada Microsoft Word

Semenjak berita meninggalnya Steve Jobs pada tanggal 4 November 2011 lalu, banyak blog yang menulis teknik presentasinya. Salah satunya adalah di blog ini (dan mungkin blog ini yang paling ramai dikomentari), dan blog ini pulalah saya memperoleh informasi mengenai jenis font yang digunakan pada setiap presentasinya.
Jenis font yang digunakan oleh Steve Jobs adalah Myriad Pro.
Setelah mencari melalui web browser dan Om Google, diketahui bahwa jenis font tersebut tidaklah gratis. Namun bersyukurlah bagi pengguna MacBookMacProiMac yang sejak perolehannya sudah terpasang aplikasi iWork dan di dalamnya jenis font tersebut sudah disertakan.
Berikut tampilan huruf populer yang sering digunakan oleh saya dalam menulis dan huruf Myriad Pro yang digunakan oleh Steve Jobs :

Saya sendiri tidak tahu apalagi memahami tentang kaligrafi atau ilmu tentang jenis tulisan. Namun apa latar belakang Steve Jobs menjatuhkan pilihannya pada Myriad Pro, mungkin jawabannya bisa tampak pada video presentasi yang dilakukannya olehnya, baik pada acara MacWorld – Apple Special Event – dll.
Kalau dari sudut pandang saya, Myriad Pro menghasilkan bentuk bulat pada titik di huruf i dan tanda baca titik, serta tidak terlalu rumit atau menyerupai tulisan tangan orang yang sedang menulis dengan ballpoint biasa.
Selain Myriad Pro, Times New Roman – Comic Sans MS juga menghasilkan titik bulat pada huruf i. Namun, Times New Roman terkesan sangat formal serta menyerupai orang yang mahir dalam kaligrafi.
Kalau Comic Sans MS, memang cocok untuk penulisan teks pada komik. Tampilannya seperti orang sedang belajar menulis. Hehehe…
Justru yang menarik adalah kemiripan pada huruf Tahoma dan Calibri.

Proses Penambahan
Lalu bagaimana menambahkan jenis huruf Myriad Pro pada Microsoft Windows ?
Sangat mudah.
Seperti saya ungkap di atas, jenis huruf ini tidaklah gratis. Untuk memperolehnya kita harus membayar. Kalaupun rekan-rekan memperolehnya melalui situs berbagi secara cloud, risiko tanggung sendiri.
Setelah rekan-rekan memperoleh huruf Myriad Pro, silakan ekstrak terlebih dulu kalau memang perlu diekstrak menggunakan aplikasi winzip-winrar-7zip-dll (sesuaikan dengan jenis kompresinya).
Lalu taruh jenis font tersebut (metoda copy-paste atau cut-paste) pada :

C:\Windows\Fonts\

Saya mengilustrasikan pada Microsoft Windows XP. Untuk Windows Vista dan Seven, silakan sesuaikan dengan folder font di mana berada.
Setelah selesai proses Paste (tempel), silakan buka aplikasi Microsoft Office-OpenOffice-LibreOffice, huruf Myriad Pro sudah tercantum pada dropdown jenis huruf di aplikasi office suite tersebut.


Selamat mencoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s