Recovery Disk Pada Mac OS Lion

Berawal dari tulisan pada blog berikut, akhirnya memberikan saya solusi atas permasalahan yang saya hadapi, yaitu menghapus file yang tidak bisa dihapus secara permanen walaupun sudah masuk ke Trash.

Terus terang, untuk urusan menghapus file di Mac OS X (Lion) menambah wawasan saya karena sedikit beda dengan menghapus file pada Microsoft Windows dan GNU/Linux. Pada kedua operating system tersebut, kita bisa dengan mudahnya menghapus bisa dengan mampir ke Trash atau Recycle Bin atau langsung kombinasi Shift + Delete.

Pada Mac OS X, kombinasi keyboard-nya adalah command + delete, dan file tersebut akan masuk ke Trash. Nah di sinilah permasalahan saya bermula.

Saya melakukan penghapusan beberapa file film pada harddisk external yang sudah saya saksikan. Sampai dengan pemindahan file tersebut ke Trash, lancar-lancar saja. Lalu begitu menginjak empty Trash, muncul notifikasi bahwa file-file tersebut tidak bisa dihapus karena masih adanya proses yang berjalan. What?!

Padahal seluruh proses pemutaran file film tersebut sudah berhenti dengan baik, termasuk aplikasi pemutarnya pun sudah di shutdown tanpa kendala apapun. Namun tetap saja saya tidak bisa menghapusnya, dan file-file film tetap bersemayam di hdd external.

Segera saya cari cara baik melalui Mbah Google dan artikel media cetak, semuanya tidak berhasil. Hingga akhirnya saya membaca artikel pada situs MakeMac.

Berikut langkah-langkah perbaikan file di Mac OS X Lion :

  1. Jalankan Disk Utility pada folder Applications – Utilities – Disk Utility;
  2. Pada tabulasi First Aid, klik ikon Macintosh HD, lalu klik ikon Verify Disk. Bila pendeteksian terdapat error, akan tampak seperti gambar berikut;
  3. Klik tombol Repair Disk, dan biarkan hingga selesai. Namun bila kerusakan melebihi taraf normal, akan muncul notifikasi supaya kita melakukan perbaikan dengan menggunakan Recovery Disk Assistant sebagaimana tertulis pada artikel ini.
  4. Yang terlewat dari artikel tersebut di atas adalah sebaiknya penggunaan ufd (usb flash disk) yang baru atau kosong alias sudah tidak ada data penting di dalamnya. Karena pada saat pembentukan Recovery Disk akan memformat ufd dan membentuk Master Boot Record Mac OS X;
  5. Pada saat masuk mode Recovery (restart Mac OX lalu segera menekan tombol Option setelah bunyi “bong”), jangan kaget bila ketukan pada mousepad MB Pro tidak berfungsi. Jadi kita harus menekan mousepad MB Pro untuk memilih jenis perbaikan dan memulai perintah;
  6. Langkah perbaikan yang saya sarankan adalah Disk Utility seperti pada angka 2 dan 3. Karena kerusakan data tidak hanya pada Macintosh HD saja, juga meliputi hdd external, bila selesai dan restart kembali, maka kita lakukan perbaikan file untuk hdd external dengan mencolokkan pada port usb MB Pro;
  7. Alhamdulillah, perbaikan pada Macintosh HD dan hdd external saya berhasil dengan baik, sebagaimana terlihat pada gambar berikut.

Demikian, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Recovery Disk Pada Mac OS Lion

  1. Pingback: Cara Format UFD Setelah Digunakan Sebagai Recovery Disk Assistant « bang berly

Leave a Reply

