Server Unpad Sebagai Mirror Mozilla Firefox

Pagi ini saya hendak mengunduh aplikasi web browser Mozilla Firefox favorit saya yang sudah mengeluarkan versi 5.0.1. Seperti biasanya saya langsung masuk ke laman (page) yang memuat beragam dukungan sistem operasi dan bahasa yang didukung.

Saya pilih bahasa English (US) dan platform Windows. Dan yang membuat saya terkejut-heran-bangga adalah server mirror tempat saya mengunduh ada di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), kampus almamater saya. Hehehe…

Untuk jelasnya silakan klik gambar di samping kanan, di situ tertera http://mozilla.unpad.ac.id. Kok berita ini tidak diinformasikan atau dicantumkan pada situs resmi Unpad, ya?

Yah setidaknya berita ini bisa digunakan untuk dukungan penggunaan web browser yang tangguh-stabil-cepat serta aplikasi yang dikenal sebagai free and open source software (foss).

Sebenarnya untuk hal mirroring ini, sudah banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang sejak lama melakukannya. Seperti Universitas Indonesia dengan nama server kambing (diambil dari logo distro gnu/linux Debian), lalu Universitas Jember, kemudian Universitas Diponegoro (Undip), dan lain-lain. Dan mereka dikenal sebagai pendukung penggunaan aplikasi dan sistem operasi yang legal serta free and open source software. Namun untuk Unpad, saya belum pernah mendengarnya kecuali adanya program untuk kalangan akademisi untuk membeli lisensi asli dari Microsoft dengan harga yang terjangkau.

Semoga saja ke depannya, kampus Unpad bisa mengikuti kampus lainnya yang sudah sejak lama turut melakukan mirror sistem operasi yang free and open source software, sehingga bangsa ini tidak terus menerus di cap sebagai negara pengguna aplikasi bajakan yang besar.

Leave a Reply

