UFD Modem Sierra Wireless COMPASS 885 Untuk Mac OS X Lion

Kurang lebih seminggu ini saya sudah menggunakan Mac OS X versi 10.7 yang bergelar Lion.

Seperti biasa, masalah yang muncul setelah update-upgrade Operating System adalah kompabilitas device driver serta aplikasi yang sudah lebih dulu ada. Dan korban pertama yang saya temui adalah driver usb flashdisk (ufd) modem ZTE MF627 yang tidak berfungsi. Hehehe…

Gambar tersebut saya tautkan dari http://www.jakartanotebook.com, dimana ufd modem tersebut memang saya beli dari sana.

Setelah saya konsultasi dan diberi penjelasan dari Mbah-nya Macintosh Indonesia yang bernama Aa Adinoto, didapatlah ufd modem yang bisa digunakan untuk Mac OS X versi 10.7 aka Lion yaitu Sierra Wireless COMPAS 885.

Untuk bisa menggunakan ufd modem ini kita harus install terlebih dulu device driver yang disertakan pada CD-nya, dan jangan harap proses install driver langsung berjalan pada saat kita colokkan pada port usb sebelum kita install driver.

Setelah install device driver selesai dan membutuhkan restart, akan muncul jendela AiSetting ufd modem Sierra Wireless pada MacrCard Watcher seperti pada gambar di samping kanan. Langkah selanjutnya adalah mengatur setting pada System Preferences di Lion, bisa melalui apple menu – System Preferences – Network, atau klik ikon modem yang bergambar gagang telepon di menu bar – Open Network Preference.

Untuk koneksi internet saya menggunakan XL Broadband dengan aturan sebagai berikut :

  1. Dial Number *99#;
  2. User Name – Password dikosongkan;
  3. Apn : xlunlimited;
  4. Profile : XL Broadband.

Lihat kembali gambar Network di atas untuk lebih jelasnya. Lalu klik tombol Advanced. Dan sesuaikan dengan setingan di atas.Menu Advanced ufd modem Untuk DNS atau proxy, setingan pada XL Broadband tidak memerlukannya. Terakhir klik tombol OK.

Untuk mengaktifkan ufd modem Sierra ini yang perlu diperhatikan adalah menu atau jendela AirCard Watcher harus aktif. Kalau tidak dimunculkan, maka koneksi tidak akan bisa dilakukan karena masuk mode disconnect dan safely remove.

Jadi sekali lagi aktifkan AirCard Watcher. Untuk memulai koneksi, tinggal klik tombol Connect pada jendela Network, atau klik gambar gagang telepon (lambang jaringan) pada menu bar, klik Connect HSPA Modem. Dan Insya Allah akan terhubung internet sebagaimana terlihat pada screenshot di artikel ini.

Semoga membantu.

Catatan : untuk penggunaan ufd modem ini pada Windows 7 bisa lihat blog berikut.

7 thoughts on “UFD Modem Sierra Wireless COMPASS 885 Untuk Mac OS X Lion

    1. bang berly Post author

      Mungkin karena sebelumnya Lion sudah disebar untuk kalangan developer, sehingga driver ufd modem Sierra bisa cepat keluar. Kalau dilihat dari internet, ufd modem ini tergolong produk lama.
      Kalau gak salah, Windows 7 sebelum launching juga menyebar tahap Beta-RC ke khalayak luas untuk diuji. Dan banyak perangkat baru yang sudah mencantumkan label Windows 7 Ready.

      Reply
  1. eew

    OSX Lion tidak menerima modem ZTE MF627 karena based kernel OSX Lion adalah 64bit. Solusinya bisa pindah ke 32bit dengan cara menekan angka 3 dan 2 pada keybord segera saat menyalakan sampai anda berada pada Log In page.
    Hasilnya modem ZTE MF627 bisa digunakan dengan normal. Jadi tidak perlu buru-buru beli lagi.

    Reply
  2. Penulis

    Bang Berly dan “eew”, kalau mau pake app modem 3G yang universal dengan fitur komplit mendingan pake “launch2net Premium” googling aja. Itu andalan saya. Modem apapun bisa kebaca. Untuk kompatibilitas app ini dengan Lion, cek di http://roaringapps.com/app:1716 dijamin ini app macnyuss pisan euy!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s