Cara Update-Upgrade Online OS Blackberry 9520

Sekitar dua minggu saya memiliki smartphone BlackBerry Storm 2, seri 9520, dan selesai saya update OS, semula dari versi 5.0.0.497 menjadi 5.0.0.973 (Bundle 1611, Platform 4.2.0.423).

Terus terang dengan banyaknya pengguna smartphone bermerk BlackBerry dan versinya, membuat saya pusing dalam memilih jenis apa yang cocok dengan saya. Apalagi kalau mengingat ibu jari (alias jempol) saya yang “lentik” (kebalikannya dah, hahaha…).

Syarat mutlak dalam melakukan update-upgrade OS BB adalah kita sudah install aplikasi BlackBerry Desktop Software (for PC atau Mac). Untuk install aplikasi ini diperoleh dari CD/DVD dalam kotak paket BB atau download versi terbaru pada situs resmi BB Indonesia di sini.

Setelah kita install aplikasi BB Desktop Software sesuai platform, koneksikan perangkat BB dengan kabel original yang ada dalam paket penjualan, maka aplikasi akan segera mendeteksi perangkat BB yang baru saja dihubungkan ke PC. Hebatnya lagi pendeteksian secara online ini akan memeriksa kondisi BB termasuk opsi untuk sinkronisasi dan backup. Ingat, sinkronisasi dan backup adalah dua proses yang berbeda.

Alangkah lebih baik, sinkronisasi dan backup dilakukan terlebih dulu sebelum kita melangkah ke update-upgrade OS. Atau pada BB Storm 2 seri 9520 ini, kita hanya klik tombol Syncronize All pada pojok kiri bawah, berwarna hijau. Maka proses backup akan dilakukan berbarengan (simultan) dengan proses update-upgrade OS BB.

Proses update-upgrade online ini memakan waktu hingga 60 menit sesuai pemberitahuan dari aplikasinya. Namun pengalaman saya kemarin, proses update-upgrade ini memakan waktu 45 menit. Lumayan lama. Karena proses ini dilakukan secara online ke server RIM dan mengandalkan koneksi internet yang dipakai berjamaah.

Bila telah selesai, seperti biasa perangkat BB memerlukan restart yang waktunya lumayan lama juga. Hehehe… Kenapa juga ya RIM membuatnya seperti ini???

Terlalu doyan memerlukan restart perangkat setiap kita uninstall aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Selesai sudah langkah update-upgrade online OS BB.

Dan jangan kaget kalau BB kita menjadi seperti perangkat yang sama sekali baru dinyalakan, akan muncul wizard, dan lain sebagainya. Termasuk bila kita ingin menggunakan BBM – push email akan di download arsip yang ada. Tapi itu hanya sekali saja. Selanjutnya wush-wush-wush…

Tapi bila rekan semua masih belum percaya akan artikel yang saya tulis, tidak masalah. Lebih baik gunakan bantuan orang yang sudah berpengalaman dalam hal update-upgrade OS BB.

Semoga bermanfaat.

About these ads

5 thoughts on “Cara Update-Upgrade Online OS Blackberry 9520

  1. Pingback: Beberapa Catatan Update-Upgrade OS BlackBerry « bang berly

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s